Selasa, 04 April 2017

Oh Ternyata Ini Penyebab Keyboard Laptop Error Huruf Jadi Angka


Oh Ternyata Ini Penyebab Keyboard Laptop Error Huruf Jadi Angka

Sempat panik karena keyboard laptop error huruf jadi angka ketika mengetik lamaran kerja, namun ternyata penyebabnya adalah karena admin sebelumnya mengetes keyboard eksternal yang bermasalah.
Ketika keyboard usb tersebut dicabut maka muncul masalah keyboard laptop rusak sebagian seperti mengetik huruf U yang tampil angka 4, kemudian saat menekan tombol huru O berubah menjadi angka 6.
Setelah di cek semua huruf ternyata keyboard laptop acer Aspire 4738z milik admin rusak di beberapa tombol yaitu huruf M, J, K , L, U, I, O tidak terkecuali huruf P. Setelah googling usut punya usut hal tersebut karena fungsi numlock aktif.
Jika kasusnya seperti yang admin alami  tentu laptop bisa diperbaiki sendiri dengan cepat dan tidak perlu dibawa ke tukang service. Baiklah jika kamu masih bingung langsung praktek saja untuk mengatasi keyboard laptop bermasalah tersebut.

Memperbaiki keyboard laptop error huruf jadi angka

  1. Kamu cari tombol dengan tulisan Fn dan NumLk (F11), kemudian tekan Fn dan Numlock atau NumLk secara bersamaan. Letak Fn biasanya dibangian bawah keyboard dan F11 umumnya diatasa sejajar dengan F9, F10 dll.
  2. Selanjutnya lepaskan tombol Fn dan NumLk tersebut lalu coba kamu ketikan huruf O jika sudah tidak berubah menjadi angka 6 berarti kamu sudah berhasil.

Berikut adalah huruf yang biasa tertukar pada keyboard laptop

Oh Ternyata Ini Penyebab Keyboard Laptop Error Huruf Jadi Angka
  • U menjadi angka 4
  • I menjadi angka 5
  • J menjadi angka 1
  • K menjadi angka 2
  • L menjadi angka 3
  • O menjadi angka 6
  • P menjadi tanda * (bintang)
  • M menjadi angka 0 (nol)
Permasalahan keyboard laptop error huruf jadi angka sangat sepele, namun bagi yang tidak mengetahui solusi laptop ngaco bisa saja langsung mengganti dengan yang baru, seperti tahu harga keyboard laptop yang lumayan mahal.
Untuk itu sebelum membeli atau membawa laptop ke service center alangkah baiknya di cek terlebih dahulu apakah keyboard laptop tidak berfungsi karena tombol numeric dalam keadaan ON atau karena sebab lain.
Sebagai catatan cara mengatasi keyboard laptop r hanya bisa dilakukan pada keyboard laptop yang sebelumnya normal atau baik, karena jika setelah melakukan cara diatas masih bermasalah silahkan konsultasikan di service center resmi laptop kamu.
Advertisement

1 komentar: